160 x 600 PASANG IKLAN
160 x 600 PASANG IKLAN
160 x 600 PASANG IKLAN
160 x 600 PASANG IKLAN

Eropa Perkenalkan Regulasi Perdagangan Otomotif, Produsen Tiongkok Resah

BYD Seal. Foto: Dok. BYD
750 x 100 PASANG IKLAN

Jakarta,corebusiness.co.id-Produsen mobil Tiongkok Build Your Dream (BYD) dan Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) balapan memproduksi dan menjual berbagai merek kendaraan. Tiba-tiba, Eropa mengeluarkan kebijakan baru terhadap kendaraan yang akan masuk ke pasar Eropa. Produsen otomotif Tiongkok pun menghadapi tantangan dan hambatan baru.

Shanghai Metal Market (SMM) mencatat, dalam 11 bulan pertama tahun  2024, penjualan kumulatif Build Your Dream (BYD) mencapai 3,757 juta unit kendaraan, naik 40 persen Year on Year (YoY). Sementara penjualan kumulatif Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) mencapai 3,53 juta unit kendaraan, turun 19,48 persen YoY. Apakah penjualan kendaraan BYD membalap SAIC?

SMM menganalisis, keberhasilan BYD ini memberikan sinyal penting, menunjukkan bahwa dominasi lama mobil joint venture di pasar otomotif Tiongkok sedang mengalami perubahan. Bagi SAIC, ini adalah pertama kalinya kehilangan gelar juara penjualan mobil teratas di Tiongkok, posisi yang dipegangnya selama hampir 20 tahun.

“Sebelumnya, ada ungkapan di pasar bahwa industri otomotif Tiongkok memiliki “satu kekuatan super dan tiga pemain kuat.” Sementara “tiga pemain kuat” masih menjadi perdebatan, “satu kekuatan super” tanpa diragukan adalah SAIC, menyoroti statusnya di pasar otomotif. Namun, menghadapi gelombang energi baru, SAIC, “raksasa super,” mulai menunjukkan tanda-tanda kelelahan,” tulis SMM dalam analisisnya, Minggu (5/1/2025).

750 x 100 PASANG IKLAN

Statistik menunjukkan bahwa tiga merek utama SAIC, yaitu SAIC Volkswagen, SAIC GM, dan SAIC GM Wuling, mencapai penjualan masing-masing 1,215 juta, 1,001 juta, dan 1,403 juta unit pada 2023, dengan total 3,619 juta unit. Angka ini jauh lebih rendah dibandingkan 6,107 juta unit pada 2018, yang berarti penjualan telah turun lebih dari 40 persen dalam 5 tahun.

Memasuki 2024, di bawah tekanan merek independen, situasi SAIC menjadi semakin menantang. Menurut data resmi, ungkap SMM, penjualan kumulatif SAIC Volkswagen dalam 11 bulan pertama adalah 1,018 juta unit, turun 5,06 persen YoY. Sedangkan penjualan kumulatif SAIC GM adalah 370.900 unit, turun 58,61 persen YoY,  dan penjualan kumulatif SAIC GM Wuling 1,161 juta unit, turun 3,4 persen YoY.

Perang Harga

Laporan menunjukkan bahwa tahun 2024, SAIC meluncurkan promosi diskon “harga tetap,” secara signifikan menurunkan harga untuk meningkatkan penjualan. Untuk mendorong pemulihan penjualan, lebih dari 100 model mobil dari 13 merek di bawah SAIC, termasuk IM, Roewe, Feifan, MG, Maxus, Wuling, Baojun, Audi, dan Volkswagen, menawarkan diskon promosi pada November. Dikombinasikan dengan subsidi tukar tambah, total diskon berkisar antara 50 persen hingga 80 persen.

750 x 100 PASANG IKLAN

Namun, menurut analisis SMM, pemotongan harga yang signifikan juga mengikis keuntungan SAIC. Menurut laporan keuangan, hingga kuartal ketiga tahun 2024, SAIC mencapai pendapatan 430,6 miliar yuan, turun 17,74 persen YoY, dengan laba bersih 6,907 miliar yuan, turun 39,45 persen YoY, dan laba bersih non-recurring 1,05 miliar yuan, turun 88,92 persen YoY.

“Untungnya, di bawah berbagai promosi, penjualan SAIC pulih pada November 2024. Misalnya, SAIC GM Wuling menjual 180 ribu mobil baru pada November, naik 12,5 persen YoY, SAIC Volkswagen menjual 132,500 mobil baru, naik 10,41 persen YoY. Sementara kinerja SAIC GM sedikit lebih lemah, dengan 56,200 mobil baru terjual,” terang SMM.

IM mulai Meningkatkan Skala

Statistik menunjukkan bahwa dalam 11 bulan pertama, IM mencapai penjualan 58 ribu unit, naik 106,5 persen YoY. Saat ini, IM sedang merencanakan peluang pasar dan jalur teknis di segmen MPV dan SUV menengah hingga besar. Pada 2025, IM berencana meluncurkan empat produk baru, termasuk dua model listrik murni dan dua model dengan jangkauan diperpanjang.

750 x 100 PASANG IKLAN

Diperkirakan penjualan bulanan yang melebihi 10 ribu unit hanya akan menjadi awal, dan penjualan IM pada 2025 diperkirakan akan berkinerja baik.

Pages: 1 2 3
750 x 100 PASANG IKLAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 PASANG IKLAN
Core Business

Bincang Kepo

Promo Tutup Yuk, Subscribe !