160 x 600 PASANG IKLAN
160 x 600 PASANG IKLAN
160 x 600 PASANG IKLAN
160 x 600 PASANG IKLAN

Kemenparekraf Serius Gaet Wisman di Tengah Puluhan Juta Wisnas ke LN

750 x 100 PASANG IKLAN

“Yang menjadi pekerjaan rumah terbesar adalah pintu di Batam-Bintan atau Kepri (Kepulauan Riau). Hal ini masih menjadi pekerjaan rumah yang cukup jauh dari target per pintu atau masih berkisar di bawah 700 ribu wisatawan yang masuk,” ujar Nia Niscaya.

Sementara kunjungan wisnas di periode yang sama, Nia Niscaya menyebut secara kumulatif sebesar 5,99 juta. Masih ada surplus 3,10 juta dibandingkan jumlah kunjungan wisman ke Indonesia.

“Masih ada harapan kita wisman-nya semakin besar dan wisnas-nya semakin kecil. Secara year on year memang ada peningkatan, tetapi month to month untuk wisnas menurun, mungkin ini terkait berakhirnya masa liburan sekolah,” ujarnya.

Berdasarkan destinasi tujuan wisnas, Malaysia masih mendominasi, disusul Arab Saudi, Singapura, Thailand, dan Timor Leste. Adapun pintu utama yang dilalui wisnas meliputi Bandara Internasional Soekarno Hatta, Bandara Internasional Hang Nadim, Bandara Internasional Kualanamu, dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

750 x 100 PASANG IKLAN

Nia Niscaya juga menyampaikan target wisman terhadap ketersediaan kursi penerbangan. Menilik data dari Amadeus Travel Intelligence, proyeksi perbandingan penggunaan seat capacity penerbangan pada periode Januari–Desember 2024, sebesar 67 persen atau 15,8 juta digunakan untuk wisman dan 33 persen atau 7,7 juta digunakan untuk wisnas.

Menurutnya, jika melihat data Amadeus dari Januari hingga Agustus komposisinya kurang lebih sama. Lebih didominasi orang yang masuk atau wisman yang mencapai 9,09 juta.  Ini pertanda bagus dari sisi aksesibilitas.

Sedangkan konversi antara searching dan booking berdasarkan Amadeus Travel Intelligence, tercatat jumlah pencarian untuk destinasi Indonesia pada 2024 mencapai 858 juta. Namun, jumlah pemesanan atau book return hanya 1,54 juta. Nia Niscara mengakui booking return-nya ternyata cukup rendah, hanya 0,2 persen. Berbeda antara searching dan booking wisnas yang secara kumulatif mencapai 674,60 juta atau meningkat 19,20 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya yakni 565,93 juta.

750 x 100 PASANG IKLAN

Pages: 1 2 3 4
750 x 100 PASANG IKLAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 PASANG IKLAN
Core Business

Bincang Kepo

Promo Tutup Yuk, Subscribe !