160 x 600 PASANG IKLAN
160 x 600 PASANG IKLAN
160 x 600 PASANG IKLAN
160 x 600 PASANG IKLAN

Tips Ringan Deteksi Kerusakan Manifold Kendaraan

750 x 100 PASANG IKLAN

Manifold dalam konteks otomotif adalah komponen penting yang memainkan peran krusial dalam mesin mobil Anda. Manifold seperti polisi lalu lintas pada sistem internal kendaraan Anda, yang mengatur dan mengatur aliran gas penting.

Seiring dengan kemajuan teknologi otomotif, desain manifold pun ikut berkembang. Mesin modern sering kali memiliki manifold intake, yakni variabel yang dapat menyesuaikan panjang intake runner untuk mengoptimalkan aliran udara pada kecepatan mesin yang berbeda. Hal ini menghasilkan peningkatan torsi dan tenaga di seluruh rentang putaran mesin.

Menukil dari Buku Direktori Bengkel Pilihan Sejadebotabek, manifold atau saluran masuk berfungsi untuk membagi campuran gas-gas yang datang dari karburator kemudian masuk ke setiap silinder. Manifold biasanya terletak di atas saluran buang agar gas-gas buang yang masih panas itu dapat memberikan pemanasan pada campuran gas dan selebihnya menguap.

Saluran buang (manifold buang) berfungsi untuk mengalirkan gas buang yang sudah terbakar di dalam silinder ke knalpot (saluran gas buang). Begitu seterusnya. Di dalam manifold buang terdapat katup pengontrol panas yang gerakannya diatur oleh thermostat. Fungsi katup pengontrol panas ini menyalurkan gas yang panas ke dalam manifold isap pada waktu mesin dalam keadaan dingin.

Ketika mesin menjadi panas, koil menutup katup pengontrol, dan gas buang mengalir ke luar dari saluran isap. Pengaturan katup oleh thermostat menyebabkan terjadinya temperatur yang baik dari gas yang masuk dalam semua kondisi kerja.

750 x 100 PASANG IKLAN

Ketegangan koil katup pengatur panas mempunyai peranan sangat penting. Hal ini menyebabkan gas yang masuk menjadi beberapa kali lebih besar dari keadaan normal, dan tidak mungkin terdapat pengisian bahan bakar yang normal ke dalam silinder-silinder. Namun, jika proses ini terus berlangsungakan mengakibatkan kerja mesin tidak baik, yakni terjadi terjadi ledakan atau panas yang berlebihan.

Cara melepaskan manifold:

  1. Lepaskan saringan udara dari pegangannya.
  2. Lepaskan saluran masuk dan keluar dari saringan oli, lalu lepaskan pegangan saringan oli dari manifold isap.
  3. Lepaskan batang pengatur, batang cuk, kabel percepatan, pipa vakum lalu lepaskan pemegang karburator.
  4. Lepaskan pipa buang, longgarkan dan kemudian bukalah mur-mur penahan manifold. Setelah itu lepaskan manifold isap dan buang beserta gasket (perapatnya).


Setelah dilakukan pelepasan manifold, kita lakukan pemeriksaan, sebagai berikut:

  1. Periksa manifold dari karatan, keretakan atau kerusakan lain. Jika terdapat kerusakan yang berat, gantilah yang baru.
  2. Periksa penggeliatan (distorsi) permukaan gasket. Kemudian perbaiki atau gantilah gasketnya apabila kelengkungan melebihi 2 mm.
  3. Periksa katup pengontrol panas, apakah berkaitan dengan pena“dowel”. Selain itu perhatikan bahwa koil dililiti dengan kawat sekedar cukup untuk mengikatkan ujungnya pada pena dowel, kira-kira putaran koil dari posisi yang tidak berkaitan.
  4. Periksa apakah katup pengontrol panas bergerak dengan bebas, agar katup yang melengket dapat bergerak bebas. Lalu berilah minyak pelumas yang dapat merembes dan campuran grafit, kalau perlu gantilah bagian-bagian yang tertentu.
  5. Setelah itu, periksalah katup pengontrol panas apakah koil menjamin katup berada pada posisi “panas” ketika mesin dalam keadaan dingin, katup harus berada pada posisi “heat off” ketika mesin berada dalam keadaan normal. (Red)

 

750 x 100 PASANG IKLAN

750 x 100 PASANG IKLAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 PASANG IKLAN
Core Business

Bincang Kepo

Promo Tutup Yuk, Subscribe !