
Secara bersamaan, ekosistem baterai Tiongkok mencakup semua langkah dalam rantai pasokan, dari penambangan dan pemurnian logam hingga pembuatan peralatan, prekursor, dan komponen lainnya, serta produksi akhir baterai dan kendaraan listrik (electric vehicle/EV). Strateginya, ekosistem baterai diarahkan pada pengurangan biaya produksi yang lebih cepat dan signifikan.
Lebih jauh lagi, perusahaan baterai Tiongkok memiliki keunggulan yang jelas dalam produksi baterai LFP berbiaya rendah, yang kini mencakup hampir setengah dari pasar kendaraan listrik global. Baterai ini sekitar 30 persen lebih murah daripada baterai Nickel Manganese Cobalt (NMC) yang saat ini dominan.
IEA juga mencatat, di bawah persaingan ketat di pasar Tiongkok, beberapa perusahaan telah menekan margin keuntungan. Mereka menjual baterai dengan harga lebih rendah untuk mengonsolidasikan dan memperluas pangsa pasar. Namun, tren penurunan harga baterai di pasar Tiongkok diperkirakan akan melambat di masa mendatang.
Di tengah persaingan pasar yang ketat dan margin keuntungan yang terus menyusut, beberapa produsen baterai akan tersingkir. Sementara perusahaan yang lain akan memperoleh pengaruh dan kekuatan penetapan harga yang lebih besar. Meskipun demikian, diproyeksikan bahwa Tiongkok akan tetap menjadi produsen baterai terbesar di dunia selama dekade berikutnya. (Rif)