160 x 600 PASANG IKLAN
160 x 600 PASANG IKLAN
160 x 600 PASANG IKLAN
160 x 600 PASANG IKLAN
750 x 100 PASANG IKLAN

Industri Otomotif di Luar China Panik, Gara-gara Bahan Baku Ini Langka

Tanah Jarang. Foto: Jazirah Indonesia
750 x 100 PASANG IKLAN

“Tiongkok  memiliki kartu tanah jarang yang dapat dimainkan kapan pun mereka mau,” kata CEO perusahaan pertambangan NioCorp (NB.O), Mark Smith. Informasinya, NioCorp tengah mengembangkan proyek tanah jarang di Nebraska yang dijadwalkan akan mulai berproduksi dalam waktu tiga tahun.

Banyak industri produsen mobil telah mencoba untuk melepaskan diri dari Tiongkok untuk magnet tanah jarang, atau bahkan mengembangkan magnet yang tidak memerlukan unsur-unsur tersebut. Namun, sebagian besar upaya masih membutuhkan waktu bertahun-tahun lagi untuk mencapai skala yang dibutuhkan.

“Ini benar-benar tentang mengidentifikasi … dan menemukan solusi alternatif” di luar Tiongkok, kata kepala manajemen rantai pasokan di pemasok Aptiv, Joseph Palmieri, dalam sebuah konferensi di Detroit minggu lalu.

Sementara itu, produsen mobil, termasuk General Motors (GM.N), dan BMW (BMWG.DE), dan pemasok utama seperti ZF [RIC:RIC:ZFF.UL] dan BorgWarner (BWA.N), sedang mengerjakan motor dengan kandungan logam tanah jarang rendah hingga nol, tetapi hanya sedikit yang berhasil meningkatkan produksi cukup untuk memangkas biaya.

750 x 100 PASANG IKLAN

“UE telah meluncurkan inisiatif termasuk Undang-Undang Bahan Baku Kritis untuk meningkatkan sumber logam tanah jarang Eropa. Namun, undang-undang itu belum bergerak cukup cepat,” kata penasihat senior di Rhodium Group, lembaga pemikir AS yang berfokus pada Tiongkok, Noah Barkin.

Bahkan pemain yang telah mengembangkan produk yang dapat dipasarkan berjuang untuk bersaing dengan produsen Tiongkok dalam hal harga. David Bender, salah satu pimpinan bisnis daur ulang magnet spesialis logam Jerman, Heraeus, mengatakan bahwa bisnisnya hanya beroperasi pada kapasitas 1 persen  dan harus tutup tahun depan jika penjualan tidak meningkat.

Para analis mengatakan kendala tersebut dapat memaksa produsen mobil untuk membuat mobil tanpa suku cadang tertentu dan menyimpannya hingga tersedia, seperti yang dilakukan GM dan perusahaan lain selama krisis semikonduktor.

Ketergantungan produsen mobil pada Tiongkok tidak berhenti pada unsur tanah jarang. Laporan Komisi Eropa tahun 2024 menyebutkan Tiongkok mengendalikan lebih dari 50 persen pasokan global dari 19 bahan baku utama, termasuk mangan, grafit, dan aluminium.

750 x 100 PASANG IKLAN

Andy Leyland, salah satu pendiri spesialis rantai pasokan SC Insights, mengatakan, salah satu unsur tersebut dapat digunakan sebagai daya ungkit oleh Tiongkok. “Ini hanya tembakan peringatan,” katanya. (Rif)

Pages: 1 2 3Show All
750 x 100 PASANG IKLAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait
930 x 180 PASANG IKLAN
EXPERT SYNERGY

Tutup Yuk, Subscribe !