
Jakarta,corebusiness.co.id-Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkap, Indonesia cenderung ekspor kelapa bulat, sebagai salah satu faktor terjadinya kelangkaan bahan baku kelapa bagi industri pengolahan.
Hal itu disampaikan Menperin Agus Gumiwang saat menerima audiensi Himpunan Industri Pengolahan Kelapa Indonesia (HIPKI) dalam rangka membahas kelangkaan bahan baku industri pengolahan kelapa di kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Rabu (30/4).
Agus Gumiwang menyampaikan, Indonesia merupakan negara penghasil kelapa lima besar dunia, namun belum memiliki kebijakan tata niaga bahan baku kelapa seperti pelarangan ekspor, pungutan ekspor dan lartas.
“Sementara negara-negara produsen kelapa lainnya seperti Filipina, India, Thailand dan Sri Lanka telah menerapkan kebijakan larangan ekspor untuk menjaga nilai tambah ekonomi kelapa, lapangan pekerjaan, dan keberlangsungan industri pengolahan kelapa,” terangnya.
Ia mengemukakan, sejak program hilirisasi kelapa dicanangkan telah berhasil menarik investasi dari berbagai negara, termasuk Malaysia, Thailand, Tiongkok dan Sri Lanka, namun saat ini perusahaan-perusahaan tersebut kesulitan beroperasi karena kelangkaan bahan baku kelapa. Karena, selama ini kelapa Indonesia lebih cenderung diekspor dalam bentuk kelapa bulat, sebab belum ada tata niaganya.
“Eksportir tidak dipungut pajak, sedangkan industri dalam negeri membeli kelapa dari petani dikenakan pajak PPh pasal 22 sehingga playing field antara eksportir dengan industri kelapa dalam negeri tidak sama,” ungkap Agus.
Agus Gumiwang menyebutkan, kebutuhan konsumsi, utamanya untuk rumah tangga dan industri kecil dan menengah (IKM) sekitar 2 miliar butir kelapa per tahun. Karena sekarang kelapa banyak diekspor ke negara lain, terjadi kekurangan suplai kelapa di pasar-pasar tradisional, sehingga menyebabkan kenaikan harga dan konsumen rumah tangga menjadi korban atas kenaikan harga tersebut.
Ekspor dalam bentuk kelapa bulat dari Indonesia ke negara lain dikhawatirkan menggeser pasar produk hilir kelapa Indonesia yang selama ini kuat di pasar global dan diisi oleh produk hilir kelapa dari negara kompetitor yang bahan bakunya dari Indonesia. Produk-produk yang dimaksud antara lain minyak kelapa, desiccated coconut, nata de coco, konsentrat air kelapa, arang aktif, dan briket.
Pangsa pasar ekspor produk kelapa pada tahun 2024 adalah sebesar US$ 2 miliar, di mana 85 persen merupakan produk olahan kelapa. Apabila kondisi kelangkaan bahan baku yang melanda industri pengolahan kelapa terus berlanjut, negara dapat berpotensi kehilangan devisa hasil ekspor industri pengolahan kelapa dan dikhawatirkan akan berdampak kepada sekitar 21 ribu pekerjanya. (CB)