
Jakarta,corebusiness.co.id-Guna meningkatkan daya saing produk – produk UMKM jelang Hari Raya Idul Fitri, pemerintah bersama asosiasi retail menggelar pesta diskon bertajuk bina Lebaran yang dimulai 14 – 30 Maret 2025 mendatang.
“Jadi ini kita kampanye program bina belanja di Indonesia aja, dalam rangka menyambut Lebaran kita ada program bina Lebaran, yang nanti akan di launching 14 Maret di Mall Nusantara, Semanggi ya bersama Menko Perekonomian dan para menteri yang lain,” kata Menteri Perdagangan, Budi Santoso.
Nilai transaksi pesta diskon hingga 70 persen tersebut ditargetkan bakal menyentuh angka Rp36,3 triliun atau naik 15 persen dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai angka Rp25,4 triliun.
“Program Bina Lebaran ini tujuannya adalah satu, sebenernya untuk promosi sampai 70 persen dalam rangka menyambut Lebaran, kemudian untuk diadakan bazar di berbagai mall yang akan diisi oleh UMKM, targetnya naik 15 persen dari sebelumnya, sebelumnya kan Rp25,4 triliun targetnya menjadi sekitar Rp36,3 triliun,” ujarnya.
Ketua Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah mengatakan pesta diskon tersebut bakal diikuti oleh 600 mall di seluruh Indonesia.
Pesta diskon ini merupakan bagian dari kampanye belanja aja di Indonesia, dengan harapan dapat meningkatkan perputaran uang di Indonesia saat moment Hari Raya Idul Fitri.
“Hampir 600 mall ikut, ada juga akan memberikan dukungan diskon semua untuk kepentingan menaikan produksi omset Dalam Negeri, bisa menaikan pertukaran uang selama Lebaran ini,” ujar Budihardjo.
Rencananya, event serupa juga bakal digelar pada Juni mendatang yang bertepatan pada libur anak sekolah. (RK).